Word for "dog" etc.

石沢 冨美子 QWK06417 at nifty.ne.jp
Mon Jan 31 16:03:02 UTC 2000

Dear Mr. Dick McGinn,
Mohon maaf saya pakai bahasa Indonesia. Karena bahasa Inggris saya jelek.
Tetapi saya anggap anda (dan kebanyakan member AN-LANG) bisa membaca
bahasa Indonesia.

>	wealthy	sugea'    (probably pre-Rejang *sugiq)

Dalam bahasa Jawa, wealthy disebut "sugih". Mungkin ada kaitannya?
(Dalam bahasa proto-Austronesia, kaya disebut apa? Saya tidak punya buku
Dempwolff atau Dyen.)

>dog		kuyu'     (probably pre-Rejang *kuyuk)

Dalam bahasa Jawa, dog disebut "asu".  Kiranya jauh berbeda dengan kuyu.
Tetapi kata "asu" ini mungkin ada kaitannya dengan bahasa Jepang kuno.
Dalam bahasa Jepang, otter disebut "kawauso" atau "kawaoso".
"Kawa" artinya sungai, "uso" "oso" artinya  anjing dalam bahasa Jepang kuno.
Kata "uso" atau "oso" ini mungkin asal dari "asu". (kalau tidak salah,  dalam
proto-Austronesia juga anjing disebut "asu".)
Tafsir tentang "uso" "oso" ini diajukan beberapa pakar ilmu bahasa perbandinga
 Jepang misalnya prof. SAKIYAMA Osamu (Museum Ethnologi Nasional) atau
almarhum prof. MURAYAMA Shichiro. Tetapi hipotesis bahwa bahasa Jepang ada
kaitannya dengan bahasa Austronesia belum ketemu buktinya dari bidang
arkeologi. Misalnya belum pernah ketemu outrigger di Jepang.
Alat ceramic Jomon ada kaitannya dengan alat ceramic Lapita? Belum ketemu
buktinya. Peter Bellwood juga tidak mengakui kaitannya antara bahasa Jepang
dengan bahasa Austronesia. Bagaimana pendapat anggota milis ini?

                                        ISHIZAWA Takeshi
                           mahasiswa S3 Universitas Tokyo
                        jurusan studi wilayah (area studies)
                                e-mail: QWK06417 at nifty.ne.jp
                         homepage"Esai-esai tentang masyarakat Jepang"
                         http://www.02.246.ne.jp/~semar/